Paus Fransiskus 'Hajar' Pejabat Gereja Vatikan

Posted by


Terjelajahi~Vatikan - Pemimpin umat Katolik sedunia, Paus Fransiskus, membuat telinga birokrat gereja Katolik panas saat mengadakan pertemuan tahunan menyambut Natal di Istana Vatikan, Senin, 22 Desember 2014.

Paus Fransis "menghajar" para kardinal, uskup, dan imam yang melaksanakan Curia (petugas administrasi gereja) dengan menyebut mereka menderita "sakit" akut. "Sakit" akut itu merujuk pada perilaku birokrasi yang penuh intrik, korupsi, penuh gosip, persaingan yang tidak sehat, hingga perilaku yang suka dilayani alias bossy.
"Curia perlu berubah, memperbaiki diri. Namun Curia tidak mau mengkritisi dirinya, tidak mau memperbarui diri, tidak berusaha untuk maju. Ini lembaga yang 'sakit'," kata Paus Fransiskus di hadapan para petinggi gereja Katolik.
Paus Fransis kemudian menegaskan niatnya untuk terus melakukan reformasi total pada tubuh birokrasi Vatikan yang didominasi oleh warga Italia. Lembaga ini mengurusi 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia.
Sejak pentahbisan, paus non-Eropa pertama ini telah berkomitmen untuk mereformasi gereja. Ia tengah berupaya melakukan reformasi pada tubuh Curia dengan meminta bantuan dari satu lembaga baru sebagai penasihat kardinal. Para penasihat ini dipilih Fransis dari setiap benua. Tugas lembaga ini merumuskan konstitusi baru Vatikan.

Pada akhir pidatonya, sebelum mengucapkan "Selamat Natal", Paus Fransis mengajak semua peserta pertemuan untuk selalu bergembira dalam menjalankan tugas. Paus asal Argentina ini percaya bahwa bekerja dengan hati yang gembira akan membuahkan karya yang baik.



Blog, Updated at: 09.27

0 komentar:

Posting Komentar

Mari Kita Budayakan Berkomentar dengan Baik dan Benar Tanpa Unsur SARA

Topik Terhangat

Pengikut